‘resort’ Raja Ampat

Betew-Boo-3

Tentang Proyek Ini

Konservasi lingkungan melalui program bagi penduduk Raja Ampat
Oleh betewboo on October 12, 2012

Pulau Betew Boo dari luar

Membangun usaha resort yang di kelola oleh penduduk Raja Ampat. Semua hasil keuntungan akan dikembalikan kepada masyarakat melalui program
berbagai program sosial.

Masa Depan yang ingin kami ciptakan

Kami berharap pada jangka panjang, proyek Betew boo di Raja Ampat akan menjadi landmark dan contoh keberhasilan dalam ekoturisme dan konservasi.

Penduduk Raja Ampat dalam usaha ini menjadi pelaku utama dan aktif dalam pengelolaan resort dan sekaligus menjadi pelindung wilayah konservasi Raja Ampat dari tindakan yang merusak alam. Mereka menjadi pengawas dan tidak lagi terlibat dalam bom ikan, penangkapan hiu dan penyu, penebangan kayu ilegal dan aktivitas lain yang merusak wilayah Raja Ampat.

Betew Boo saat surut

Bagaimana cara mencapai itu semua?

Selama ini mayoritas resort di Raja Ampat dimiliki oleh orang asing. Kami ingin membangun resort pertama yang dikelola oleh penduduk Raja Ampat. Resort ini di design khusus untuk mengundang para turis yang menyukai petualangan dan alam bebas. Semua bahan bangunan menggunakan bahan baku lokal dan ramah lingkungan. Tahap pengerjaan akan dilakukan oleh penduduk Papua, dan kami memiliki dua relawan dan satu ahli teknik sipil yang mengawasi tahap konstruksi.

lokasi yang disiapkan untuk kegiatan usaha

Setelah dua tahun melakukan survey dan penelitian, kami memperoleh lahan seluas 1,3 hektar dan mendapat ijin dari Dinas Pariwisata Raja Ampat untuk pembangunan resort ini. Jumlah uang yang kami butuhkan sebesar 500,000,000 (lima ratus juta rupiah) dan kami berharap dapat mengumpulkan Rp 320,000,000 (tiga ratus dua puluh juta rupiah)jumlah paling minimal dalam pembangunan ini. Kami berharap dana ini bisa terkumpul sehingga pembangunan bisa dimulai pada awal tahun depan dan siap beroperasi February 2, 2013.


Alokasi Dana

  • Resort dan restoran Rp 60,000,000,-
  • Perlengkapan selam Rp 120,000,000,-
  • Peralatan P3K dan alat keselamatan Rp 6,000,000,-
  • Instalasi listrik Rp 6,000,000,-
  • Dermaga Rp 30,000,000,-
  • Kapal kecil Rp 50,000,000,-
  • Training bagi penduduk lokal Rp 14,000,000,-
  • Marketing Rp 10,000,000,-
  • Simpanan untuk hal hal diluar dugaan Rp 24,000,000,-

Hadiah kaus untuk setiap sumbangan yang masuk

Latar Belakang

Ide Betew Boo berasal dari penduduk Raja Ampat keluarga Mayor yang merasa kuatir dengan perkembangan desa mereka yang selalu berjuang dengan kemiskinan setiap hari.

Meskipun Raja Ampat terkenal sebagai tempat yang terkenal dengan keindahan lautnya dan banyak wisatawan yang datang ke Raja Ampat setiap tahun, penduduk Raja Ampat seperti keluarga Mayor tidak merasakan manfaatnya secara langsung. Taraf kehidupan mereka masih menyedihkan dan mayoritas penduduk di Raja Ampat menganggur tanpa ada pekerjaan.

Keluarga Mayor mengerti potensi kekayaan laut yang dimiliki dan ingin ikut aktif mengembangkan kampung halaman mereka bukan hanya sekedar penonton. Mereka berharap agar mendapat kesempatan sehingga mereka dapat berjuang mengubah hidup mereka dan tidak tergantung ulur tangan belas kasihan.

Proyek ini kami matangkan selama beberapa tahun menjawab kebutuhan masyarakat Papua dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Permanas Membrasar dari Conservation International turut mendukung kegiatan kami dalam memberdayakan penduduk sebagai bagian upaya konservasi Raja Ampat. Untuk melihat video mengenai Raja Ampat silahkan kunjungi facebook kami: Betew Boo.

Betew Boo
Jl. Kemanggisan Ilir VI/11 Jakarta Barat 11480
hp: 0818 0617 8885
rumah: 021 530 3008
facebook: Betew Boo

Updates

Belum ada update.

Pendukung

Nama Tanggal Nilai
kawakibee 2012-09-08 06:03:07 Rp. 100,000

Beri komentar

Anda harus login dan menjadi pendukung untuk memberi komentar.

Masih ada pertanyaan? Tanyakan langsung kepada pemilik proyek. Tanya Pemilik Proyek
Kepadabetewboo
Nama
Email
Pesan